•February 15, 2013 • Leave a Comment

sangaat keren ^_^

Korean Chingu

jyp

Artis JYP Entertainment  mengirim salam Tahun Baru mereka untuk fans mereka yang selalu mendukung dan peduli untuk JYP Entertainment. Mereka merilis  gambar ular dengan klip video di Facebook, Twitter dan SNS.

Read More<<<

View original post

this is tragedy

•February 15, 2013 • Leave a Comment

this is tragedy

hello guys_ ketemu lagi_
kalian liat gambar itu kan? suatu saat, pasti dunia kita, bumi kita akan seperti itu_
kalian mau kayak gitu? gak kan_
kalo gitu ayo deh, kita generasi ,uda benahi semua yang hancur, kita harus rawat bumi tercuinta ini, kkk
jangan biarkan sperti yang di gambar, okkay ^^
save the world yaaak _ see yaa_ ^_^

About_the world

•February 15, 2013 • Leave a Comment

guys_ tahu gak lingkungan hidup itu apa? pastinya banyak dari kalian bakal menjawab beraneka macam ^^

tapi, satu lagi, jangan pernah merusak lingkungan_ okay!? 😀 nihh saiia kasih tauu dah kkk

chekidhot–> 😀

Menurut Undang Undang No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Sedangkan ruang lingkup lingkungan hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berWawasan Nusantara dalam melaksanakan kedaulatan, hak berdaulat, dan yurisdiksinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

Merujuk pada definisi di atas, maka lingkungan hidup Indonesia tidak lain merupakan Wawasan Nusantara, yang menempati posisi silang antara dua benua dan dua samudera dengan iklim tropis dan cuaca serta musim yang memberikan kondisi alamiah dan kedudukan dengan peranan strategis yang tinggi nilainya, tempat bangsa Indonesia menyelenggarakan kehidupan bernegara dalam segala aspeknya.

Secara hukum maka wawasan dalam menyelenggarakan penegakan hukum pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia adalah Wawasan Nusantara.

Persetujuan Internasional Tentang Lingkungan Hidup

Indonesia termasuk dalam perjanjian: Biodiversitas, Perubahan Iklim, Desertifikasi, Spesies yang Terancam, Sampah Berbahaya, Hukum Laut, Larangan Ujicoba Nuklir, Perlindungan Lapisan Ozon, Polusi Kapal, Perkayuan Tropis 83, Perkayuan Tropis 94, Dataran basah, Perubahan Iklim – Protokol Kyoto (UU 17/2004), Perlindungan Kehidupan Laut (1958) dengan UU 19/1961.

Portal Berita Lingkungan

www.beritalingkungan.com adalah situs berita lingkungan hidup pertama di Indonesia yang berfokus kepada isu lingkungan hidup dan perubahan iklim, dengan beragam rublik seperti Perubahan Iklim, Bencana, Hutan, Jelajah, Tambang, Laut, Energi, Satwa, Green Lifestyle, Pertanian dan CSR yang disajikan secara mendalam, sesuai fakta akurat dan memenuhi kaidah jurnalistik.

Selain menyajikan berita, situs Beritalingkungan.com juga menyajikan rublik kolom/opini, green tips, greenpics, green video dan agenda lingkungan yang dikemas dalam bentuk multi media.

Masalah lingkungan hidup di Indonesia

Bahaya alam: banjir, kemarau panjang, tsunami, gempa bumi, gunung berapi, kebakaran hutan, gunung lumpur, tanah longsor,limbah industri, limbah pariwisata, limbah rumah sakit.

Masalah Lingkungan hidup di Indonesia saat ini: penebangan hutan secara liar/pembalakan hutan; polusi air dari limbah industri dan pertambangan; polusi udara di daerah perkotaan (Jakarta merupakan kota dengan udara paling kotor ke 3 di dunia); asap dan kabut dari kebakaran hutan; kebakaran hutan permanen/tidak dapat dipadamkan; perambahan suaka alam/suaka margasatwa; perburuan liar, perdagangan dan pembasmian hewan liar yang dilindungi; penghancuran terumbu karang; pembuangan sampah B3/radioaktif dari negara maju; pembuangan sampah tanpa pemisahan/pengolahan; semburan lumpur liar di Sidoarjo, Jawa Timur; hujan asam yang merupakan akibat dari polusi udara.

Limbah Rumah Sakit

Merupakan hasil dari pemakaian peralatan kesehatan padat dan cair, bahan kimia dan bagian dari tubuh manusia yang tidak dapat digunakan lagi. Unit penghasil limbah di rumahsakit adalah semua unit yang menghasilkan limbah seperti loundri, dapur, unit kamar operasi, laboratorium, unit radiologi, apotek/farmasi, perkantoran, kantin dan lain sebagainya. pengolahan limbah padat dan cair dapat dilakukan dengan cara kimiawi dan cara tradisional, tetapi dalam standarisasinya incenarator.

sourche_ http://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_hidup

 

nah_save the world yakk guys_ 😀

jangan sia-siakan masa emas untuk mengubah dunia jadi lebih hijau lagi_ see yaa 😀

Image

 

Let’s Save The World_!!

•February 15, 2013 • Leave a Comment

Let's Save The World_!!

hey guys_ kalian pasti tau tentang global warming kan? sekarang ini, populasi tumbuhan di dunia telah berkurang dengan sangat tragis!! >_< *kejam kan?*
kalian tahu siapa pelakunya? tentu saja MANUSIA TAK BERADAP YANG SANGAT EGOIS! -_-"
apakah kalian salah satu dari manusia itu? *semoga jangaaan*
baiklah, kalian gak mau kan jadi salah satunya? kalo gituuu, mulai detik ini, mari, kita generasi muda, lindungilah selagi bisa!! jangan sampai, tak ada pohon di masa depan!!
GO GREEN guyss! 😀

•October 1, 2012 • Leave a Comment

 

Fakta SHINee

•September 21, 2012 • Leave a Comment

1. Taemin suka diomelin sama Key gara-gara Taemin suka kedip-kedip kalau udah di depan kamera..*haha*
2. Key punya 3 item spongebob di kamarnya dan punya 5 tindikan di tubuhnya tapi lupa semua ada dimana aja
3. Taemin sering banget dapat hadiah yang mirip jamur, gara-gara rambutnya yang kaya jamur. Taemin menganggap Minho sang master plus guru PS (PlayStation), soalnya Minho lah yang ngajarin Taemin maen Winning Eleven,, *ntu permainan bola di PS
4. Key pernah seneng banget karena di kasih hadiah Kunci mobil sama fansnya, tapi setelah itu dia sadar, kalo itu cuma kunci dan gag ada mobilnya, Key akhirnya mikir, “Oh, mungkin karena namaku Key” LOL
5. Kalau 4 member SHINee itu cewe Onew bakalan ngajak Jonghyun buat kencan, tapi kalo dia yang jadi cewe dia bakalan ngajak Key buat jadi pacarnya. Tapi Key sendiri ogah ama Onew soalnya Key sukanya ama Taemin. wkwkwk

6. Onew kalo tidur selalu miring-mirng dan anggota tubuh yang paling di banggakan adalah Suara.
7. Onew suka ketawa –ketawa didepan kamera dan suka NG kalo lagi syuting, dan susah banget fokusnya, kalo udah gitu Key bakalan ngomel lamaaaaa banget, karena kesel harus syuting berulang-ulang
8. Key seneng banget sama TaeMin, buktinya dia suka gendong2 Taemin. Taemin suka takut ama Key soalnya takut Key suka beneran ama dia,, hahahahha
9. Walau Key bawel Onew bilang Key punya selera Fashion yang paling keren,
10. Dengan konyol nya pas ditanya,siapa yang mirip dengan kamu? Onew akan menjawab “Orang tuaku Lah” dan para member pada bengong denger jawaban Onew.

11. Kalau lagi ngeliat toko Chiki Onew akan selalu berhenti dan minta dibeliin snack apa ajah yang penting snack kata dia,Onew emang seneng banget ama snack.
12. Yang engga bisa dilupakan Jonghyun saat fans membuatkan dia banner yang sangat besar bertuliskan ‘JONGHYUN’, panjangnya hampir 1 meter. Jonghyun langsung terharu ngelihat itu karena engga tega ngelihat fansnya ngegotong-gotong banner segitu gedenya.
13. Yang biasa dilakukan Jonghyun kalo engga ada kerjaan adalah mendengarkan musik….menonton film,atau Cuma tidur-tiduran.
14. Walaupun sampai sekarang Jonghyun gag punya pacar tapi dia janji akan memperlakukannya dengan baik kalau punya pacara nani dan dia paling sayang sama kakak perempuannya
15. Key bilang dia engga punya panutan tapi dia maunya jadi panutan dan saat sekolah Key bilang selalu jadi murid biasa dan engga neko-neko.

16. Cara terampuh Minho kalo lagi stess adalah berolahraga, bermain sepakbola dan basket
17. Dengan bijaksana Minho bilang kalau pesona karismatiknya saat ia memperlihatkan kepada orang-orang kalau dia bekerja dengan keras
18. Andai masih bisa hidup 10 tahun lagi keinginan teraneh Taemin cuma mau lebih tinggi
19. Saat ibunya mau hamil Taemin, ibunya Taemin pernah mimpiin katak yang sangat besar
20. Walau sibuk Onew tetap bisa bisa pertahanin nilainya di sekolah dan rangking terbaiknya adalah rangking 2 untuk seluruh sekolah dan kelas. WAAAWWW!!
21. Key adalah ibunya para member SHINee soalnya paling bawel, sangking bawelnya Taemin ampe bilang dia amit-amit punya emak kaya Key,,
22. Key pinter masak. Tapi dia engga bisa nyuci beras,dia selalu bingung, gimana cara nyuci beras.. Key masih aneh, kenapa beras kalo dicuci engga bersih2,, *Lah emang beras kalo dicuci warnanya gag bisa bening,, putih kaya susu,, hahah dasar Key*
23. Kalo ketemu paranormal Minho pengen banget bisa lihat hantu, itu impian teranehnya,dia bilang dia pernah lihat setan, tapi Cuma 1, makanya dia pingin lihat lagi,
24. Masa terburuk Onew saat trainee, soalnya disaat semuanya ada kemajuan, orang-orang bilang dia gag ada kemajuan,,
25. Onew ngaku kalau dia terlalu polos bahkan sangking polosnya dia bilang belum pernah pacaran ..???

26. Onew demen banget niruin suara donal bebek,, dan kegirangan minta ampun saat ada snack dan yogurt yang mirip namanya,,
27. Walau nama mandarin Onew adalah Wen Liu, tapi dia engga ngakuin kalo itu namanya, dia bilang “Nama aku itu Onew titik”
28. Taemin sering di bullying ama temen-temen sekolahnya gara-gara dia itu artis makanya kalo disekolah dia lebih suka makan sendirian.
29. Taemin bilang first kissnya itu sama robotnya dan Taemin bisa mainin piano dengan keren
30. Key paling sebel sama cewe yang dandannya kelamaan dia akan bilang “Ya,udah tampil apa adanya aja!”
31. Key suka banget sama yang namanya nulis diary dan pengen banget nyari ke toko kaset SHINee sendirian
32. Jonghyun paling sering ngambil jatah Onew kalo lagi ngomong soalnya Onew kalo ngomong mikirnya lama, makanya kadang Onew sebel ama Jonghyun
33. Jonghyun member yang bangun paling pagi ia bangga bukan main ama kebiasaannya ini, tapi paling sebel kalau disuruh ngebangunin Minho yang raja tidur
34. Jonghyun anti makan makanan instan bakal begadang semalaman buat mempersiapkan segala sesuatunya kalau udah punya acara besok. Hebat maen bass, gitar , dan piano. Suka ngigau sambil nyanyi.
35. Dengan bijaknya Onew bilang “Aku yakin setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Aku menyukai cewek yang menerimaku apa adanya” *Aih,, abang Onew..

36. Tanda-tanda Jonghyun lagi gugup adalah ngomongnya cepet banget kaya kereta ekspress
37. Taemin selalu membawa permen ditasnya yang selalu dilabeli tulisan SHINee,yang tentunya dia tulis sendiri, dan dia bakalan ngasih permennya ke fans Noona yang ia temui,
38. Banyak yang bilang TaeMin imut tapi dia sama sekali ga mau dibilang imut, kalo ada yang bilang di imut dia akan ngadu ke member lainnya dan bilang “Kenapa semua bilang aku imut? Aku itu manly hyung..” dan para Hyungnya hanya nganguk-nganguk..
39. ONEW : “ Sejujurnya di antara semua member, yang paling mendekati sempurna adalah AKU!!”
40. Minho berani ditantang gag kedip selama 3 menit,,ckckck dia yakin 100% kalo dia bakalan menang telak..
41. Key pernah disuruh nyetak tangannya di sebuah meja di sebuah acara, tapi dia malah nandatanganin mejanya bukan nyetak tangannya, dia malu banget dan buru2 nyetak tangannya,, dan member SHINee yang lain Cuma geleng-geleng
42. Artis Favorit member SHINee Onew : Stevie Wonder, Ray Charles, pokoknya penyanyi pop lawas lah, Jonghyun : Neyo, Chris Brown. Neyo , Key : Michael Jackson, Justin Timberlake. Kalo cewek dia suka Madonna, Britney Spears, n Lady Gaga. Minho : Justin Timberlake, Usher Kalo yang dari Korea dia suka DBSK, Super Junior, ama Shinhwa. Taemin : Michael Jackson dan sedih banget pas idolanya meninggal
43. Key akan ngajak pacarnya Shopping kalo dia punya pacar soalnya Key suka banget Shopping,
44. Onew pernah nyanyi Can’t Shed My Tears di radio dengan piano. Semuanya pada terharu-haru sampe nangis karena sangking terkesimanya, tapi ditengah-tengah Onew malah nyengir-nyengir. Buyar lah semua… Onew cengar-cengir soalnya dia bingung kenapa suma pada sedih,, *halah Onew,, gubrak…*
45. Hal yang paling dibenci member SHINee, Onew sebel ama nyamuk,soalnya kalo gigit badan onew pasti bentol.. Jonghyun anti banget ama yang namanya panas, dia bilang musim dingin lebih baik..Minho paling sebel ama kata kalah soalnya dia bilang pasti akan selalu menang, Key paling gag suka maa wortel.. dia benci ama wortel dan jangan sekali-kali nanya alesannya, Key paling akan bilang “Mana aku tahu” Taemin sebelnya ama serangga.. sama kaya onew dia gag suka ama nyamuk, bukan karena takut bentol tapi karena kalo Taemin mau nangkep nyamuk selalu gag berhasil.

46. Dalam sebuah wawancara Key pernah bilang “Tolong kalian semua jangan terpengaruh dengan imejku yang cool. Walaupun imejku ini terlihat orang yang cool, tapi sebenarnya aku orang yang ceplas ceplos, dan aku senang berbagi kebahagiaan kepada semua orang”
47. Entah mungkin sangking merdunya suara Key, Jessica SNSD pernah meneteskan air mata ketika berduet dengan Key dengan lagu Barby Girl.
48. Waktu masih muda Key pernah belajar di Los Angeles, California (AS) makanya dia pinter bahasa inggris.
49. Member yang paling serem kalo lagi marah adalah Onew, kalo udah marah, semua member pasti akan diam membatu seribu bahasa, mangut-mangut dengerin sang leader marah, tapi dasar Key, dia selalu bercanda kalo Onew lagi marah, dan emang Cuma Key lah yang bisa meluluhkan hati Onew,, halah
50. Onew kalo tidur akan nutupin semua tubuhnya pake selimut, dia engga suka ama sinar lampu, dan alhasil setiap bangun Onew basah kuyup karena keringet, dan terakhir, onew anti anak kecil,,bukan anti si sebenernya,, dia bilang dia takut gag bisa ngediemin kalo ada anak kecil yang nangis, buktinya bisa dilihat di SHINee Hello Baby

darah

•September 14, 2012 • Leave a Comment

Darah manusia adalah cairan di dalam tubuh yangberfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.

Darah manusia berwarna merah, antara merah terang apabila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta. Darah membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan vena cava inferior.

Darah juga mengangkut bahan bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan dibawa ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni.

 Komposisi

Darah terdiri daripada beberapa jenis korpuskula yang membentuk 45% bagian dari darah, angka ini dinyatakan dalam nilai hermatokrit atau volume sel darah merah yang dipadatkan yang berkisar antara 40 sampai 47. Bagian 55% yang lain berupa cairan kekuningan yang membentuk medium cairan darah yang disebut plasma darah.

Korpuskula darah terdiri dari:

Eritrosit tidak mempunyai nukleus sel ataupun organela, dan tidak dianggap sebagai sel dari segi biologi. Eritrosit mengandung hemoglobin dan mengedarkan oksigen. Sel darah merah juga berperan dalam penentuan golongan darah. Orang yang kekurangan eritrosit akan menderita penyakit anemia.
Trombosit bertanggung jawab dalam proses pembekuan darah.
Leukosit bertanggung jawab terhadap sistem imun tubuh dan bertugas untuk memusnahkan benda-benda yang dianggap asing dan berbahaya oleh tubuh, misal virus atau bakteri. Leukosit bersifat amuboid atau tidak memiliki bentuk yang tetap. Orang yang kelebihan leukosit akan menderita penyakit leukimia, sedangkan orang yang kekurangan leukosit akan menderita penyakit leukopenia.

Susunan Darah. serum darah atau plasma terdiri atas:

  1. Air: 91,0%
  2. Protein: 8,0% (Albumin, globulin, protrombin dan fibrinogen)
  3. Mineral: 0.9% (natrium klorida, natrium bikarbonat, garam dari kalsium, fosfor, , kalium dan zat besi,nitrogen, dll)
  4. Garam

Plasma darah pada dasarnya adalah larutan air yang mengandung :-

Demikian juga dengan darah Hewan, juga mengandung:air, protein ((Albumin, globulin, protrombin dan fibrinogen),mineral (natrium klorida, natrium bikarbonat, garam dari kalsium, fosfor, , kalium dan zat besi,nitrogen, dll).

Darah Ikan

Darah merupakan salah satu komponen sistem transport yang sangat vital keberadaannya. Fungsi vital darah di dalam tubuh antara lain sebagai pengangkut zat-zat kimia seperti hormon, pengangkut zat buangan hasil metabolisme tubuh, dan pengangkut oksigen dan karbondioksida. Selain itu, komponen darah seperti trombosit dan plasma darah memiliki peran penting sebagai pertahanan pertama dari serangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Kondisi darah suatu organisme dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan yang sedang dialami oleh organisme tersebut. Penyimpangan fisiologis ikan akan menyebabkan komponen-komponen darah juga mengalami perubahan. Perubahan gambaran darah dan kimia darah, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, dapat menentukan kondisi kesehatannya.Hemoglobin merupakan protein yang terdiri dari protoporfirin, globin dan besi yang bervalensi 2 (ferro). Satu gram hemoglobin dapat mengikat sekitar 1,34 ml oksigen. Kadar hemoglobin yang rendah dapat dijadikan sebagai petunjuk mengenai rendahnya kandungan protein pakan, defisiensi vitamin atau ikan mendapat infeksi. Sedangkan kadar tinggi menunjukkan bahwa ikan sedang berada dalam kondisi stress (Wells, 2005 dalam Kuswardani, 2006).

Hematokrit merupakan persentase volume eritrosit (sel darah merah) dalam darah ikan. Hasil pemeriksaan terhadap hematokrit dapat dijadikan sebagai salah satu patokan untuk menentukan keadaan kesehatan ikan, nilai hematokrit kurang dari 22% menunjukkan terjadinya anemia. Kadar hematokrit ini bervariasi tergantung pada faktor nutrisi, umur ikan, jenis kelamin, ukuran tubuh dan masa pemijahan (Kuswardani, 2006).

Eritrosit (sel darah merah) merupakan sel yang paling banyak jumlahnya. Inti sel eritrosit terletak sentral dengan sitoplasma dan akan terlihat jernih kebiruan dengan pewarnaan Giemsa (Chinabut et al., 1991 dalam Mulyani, 2006). Pada ikan teleost, jumlah normal eritrosit adalah 1,05×106 – 3,0×106 sel/mm3 (Robert, 1978 dalam Mulyani, 2006). Seperti halnya pada hematokrit, kadar eritrosit yang rendah menunjukkan terjadinya anemia. Sedangkan kadar tinggi menandakan bahwa ikan dalam keadaan stress (Wedemeyer dan Yasutake, 1977 dalam Purwanto, 2006).

Leukosit (sel darah putih) mempunyai bentuk lonjong atau bulat, tidak berwarna, dan jumlahnya tiap mm3 darah ikan berkisar 20.000-150.000 butir, serta merupakan unit yang aktif dari sistem pertahanan (imun) tubuh. Sel-sel leukosit akan ditranspor secara khusus ke daerah terinfeksi. Leukosit terdiri dari dua macam sel yaitu sel granulosit (terdiri dari netrofil, eusinofil, dan basofil dan sel agranulosit) dan sel granulosit (terdiri dari limfosit, trombosit, dan monosit) (Purwanto, 2006).

Limfosit memiliki peranan dalam respon imunitas dan monosit merupakan sel makrofag yang berperan penting dalam memfagosit mikroorganisme patogen. Sedangkan trombosit sangat berperan dalam proses pembekuan darah dan berfungsi untuk mencegah kehilangan cairan tubuh pada kerusakan-kerusakan di permukaan (Nabib dan Pasaribu, 1989 dalam Mulyani, 2006). Berbeda dengan ketiga sel di atas, netrofil sangat aktif dalam membunuh bakteri dan jumlahnya besar dalam nanah (Carboni, 1997 dalam Mulyani, 2006). Sel-sel tersebut bersirkulasi dalam darah dan cairan limfa.

 Kesehatan

Luka bisa menyebabkan kehilangan darah yang parah dan kehabisan darah. Trombosit menyebabkan darah membeku, menutup luka kecil, tetapi luka besar perlu dirawat dengan segera untuk mencegah terjadinya kekurangan darah. Kerusakan pada organ dalam bisa menyebabkan luka dalam yang parah atau hemorrhage.

Hemofilia merupakan kelainan genetik yang menyebabkan kegagalan fungsi dalam pembekuan darah seseorang. Akibatnya, luka kecil dapat membahayakan nyawa.

Leukemia merupakan kanker pada jaringan tubuh pembentuk sel darah putih. Penyakit ini terjadi akibat kesalahan pada pembelahan sel darah putih yang mengakibatkan jumlah sel darah putih meningkat dan kemudian memakan sel darah putih yang normal.

Pendarahan hebat, baik karena kecelakaan atau bukan (seperti pada operasi), dan juga penyakit darah seperti anemia dan thalassemia, yang memerlukan transfusi darah. Beberapa negara mempunyai bank darah untuk memenuhi permintaan untuk transfusi darah. Penerima darah perlu mempunyai jenis darah yang sama dengan penyumbang.

Darah juga merupakan salah satu “vektor” dalam penularan penyakit. Salah satu contoh penyakit yang dapat ditularkan melalui darah adalah AIDS. Darah yang mengandung virus HIV dari makhluk hidup yang HIV positif dapat menular pada makhluk hidup lain melalui sentuhan antara darah dengan darah, sperma, atau cairan tubuh makhluk hidup tersebut. Oleh karena penularan penyakit dapat terjadi melalui darah, objek yang mengandung darah dianggap sebagai biohazard atau ancaman biologis.

Dalam berbagai kepentingan diagnosis penyakit, tekanan darah memiliki peranan yang amat penting.

Indigo

•September 14, 2012 • Leave a Comment

Konsep anak indigo pertama kali dikemukakan oleh cenayang Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Pada tahun 1982, Tappe menerbitkan buku Understanding Your Life Through Color (Memahami Hidup Anda Melalui Warna)[2] yang menjelaskan bahwa semenjak pertengahan tahun 1960-an, ia mulai menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura “indigo” (dalam publikasi lain Tappe juga mengatakan bahwa warna indigo atau nila berasal dari “warna kehidupan” anak yang ia dapatkan melalui sinestesia). Gagasan ini kemudian dipopulerkan oleh buku yang berjudul The Indigo Children: The New Kids Have Arrived (Anak Indigo: Anak-anak Baru Telah Tiba) pada tahun 1998. Buku ini ditulis oleh Lee Carroll dan Jan Tober.[6] Pada tahun 2002, konferensi internasional untuk anak indigo yang dihadiri oleh kurang lebih 600 orang diadakan di Hawaii. Konferensi pada tahun-tahun berikutnya diadakan di Florida dan Oregon. Beberapa film bertajuk indigo juga telah dibuat, seperti Indigo pada tahun 2003[7] yang disutradarai oleh James Twyman.[8] Film mengenai indigo juga dirilis di Rusia pada tahun 2008.[9]

Dalam sebuah artikel di Nova Religio pada tahun 2009, Sarah W. Whedon pada tahun 2009 mengusulkan bahwa konstruksi sosial anak indigo merupakan tanggapan terhadap “krisis anak-anak Amerika” yang tampak dalam bentuk peningkatan kekerasan anak-anak dan diagnosis attention deficit disorder dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Whedon meyakini bahwa orang tua melabeli anak mereka sebagai “indigo” sebagai penjelasan alternatif bagi ADD dan ADHD anak mereka.[3]

Karakteristik

Beberapa ciri anak indigo adalah:

  • Empatik, penuh rasa ingin tahu, berkeinginan kuat, independen, dan sering dianggap aneh oleh teman dan keluarga
  • Mengenal dirinya dan memiliki tujuan yang jelas
  • Memiliki spiritualitas di bawah sadar yang kuat semenjak kecil
  • Meyakini bahwa dirinya layak untuk berada di dunia.

Beberapa ciri lain adalah:

  • Memiliki IQ yang tinggi, mempunyai kemampuan intuitif, dan
  • Sering menolak mengikuti aturan atau petunjuk.

Menurut Tober dan Carroll, anak indigo mungkin tidak memiliki performa yang baik di sekolah karena menolak mengikuti aturan, lebih pintar (atau lebih matang secara spiritual) dari guru mereka, dan kurang tanggap terhadap disiplin yang didasarkan kepada rasa bersalah, takut atau manipulasi.[8]

Hubungan dengan attention-deficit hyperactivity disorder

Banyak anak yang dilabeli indigo didiagnosis mengidap attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD),[10] dan buku Tober dan Carroll yang berjudul The Indigo Children sendiri menghubungkan konsep indigo dengan diagnosis ADHD.[6] Robert Todd Carroll menyatakan bahwa pelabelan anak-anak sebagai indigo merupakan alternatif dari diagnosis yang seolah menunjukkan ketidaksempurnaan, kecacatan atau penyakit kejiwaan.[11][10] Setelah menghubungkan konsep anak indigo dengan ketakutan terhadap penggunaan Ritalin untuk mengontrol ADHD, Carroll berpendapat bahwa ketakutan akan penggunaan Ritalin telah memperkeruh suasana, dan berdasarkan pilihan yang ada, tentu adalah sesuatu yang masuk akal apabila orang tua lebih memilih meyakini bahwa anak mereka itu spesial dan terpilih untuk misi yang penting daripada menerima kenyataan bahwa anak mereka mengidap penyakit kejiwaan.

Stephen Hinshaw, profesor psikologi di Universitas California, Berkeley, menyatakan bahwa ketakutan akan kelebihan pengobatan terhadap anak itu masuk akal, namun anak berbakat yang didiagnosis ADHD dapat belajar lebih baik dengan lebih banyak struktur, bahkan jika struktur tersebut awalnya mengakibatkan kesulitan. Banyak anak yang dilabeli inidgo telah dimasukkan ke sekolah rumah.

Kritik

Menurut psikolog Russell Barkley, pergerakan Zaman Baru belum menghasilkan satu bukti pun mengenai keberadaan anak indigo, dan 17 sifat yang dikaitkan dengan anak indigo itu merupakan efek Forer (atau dalam kata lain, terlalu umum sehingga dapat dikaitkan dengan hampir semua orang). Konsep indigo dikritik terdiri dari sifat-sifat yang terlalu umum, dan juga dianggap sebagai diagnosis palsu yang sama sekali tidak didukung oleh sains.[4][10] Kurangnya dasar ilmiah untuk konsep indigo diakui oleh beberapa tokoh pendukung indigo seperti Doreen Virtue, pengarang buku The Care and Feeding of Indigos, dan James Twyman, orang yang membuat dua film mengenai indigo.

Ahli kesehatan kejiwaan juga khawatir karena pelabelan indigo dapat menghambat diagnosis dan penanganan yang tepat yang dapat membantu sang anak. Ahli lain juga menyatakan bahwa sifat-sifat anak indigo dapat diinterpretasikan sebagai pembangkangan dan kewaspadaan belaka.

Nick Colangelo, profesor di Universitas Iowa, menyatakan bahwa buku indigo pertama seharusnya tidak diterbitkan, dan bahwa “…pergerakan anak indigo itu bukan mengenai anak-anak, dan juga bukan mengenai warna indigo, tapi mengenai orang dewasa yang menyebut diri mereka sebagai ahli dan mengeruk uang dari buku, presentasi dan video.”

Komersialisasi

Di artikelnya yang berjudul “Indigo: The Color of Money” (Indigo: Warna Uang), Lorie Anderson menuduh bahwa Twyman dan organisasinya adalah “penipu Zaman Baru yang mencari keuntungan.” Menurutnya, kepercayaan akan anak indigo dapat menghasilkan banyak uang dari penjualan buku, video, sesi bimbingan untuk anak-anak, serta sumbangan. Saat ini ada berbagai macam buku, film, kemah musim panas, dan konferensi yang ditargetkan untuk orang tua yang meyakini bahwa anak mereka adalah seorang indigo.

the mystery

•September 14, 2012 • Leave a Comment

Surat kabar News People mengadakan sayembara berhadiah untuk merayakan ultah yang ke 25. Pada koran terbitan terbaru dimuat cerita dimana di dalam cerita tsb terdapat kesalahan. Pembaca tercepat yang menebak kesalahan dengan benar akan diberi hadiah sebesar 2500 dollar.

 

John dan Belinda adalah kakak adik yang membuka kantor detektif CIA yang cukup laris John berusia 24 tahun dan Belinda berusia 22 tahun. Selain mereka, kantor detektif ini juga beranggotakan Jim dan juga Bruce, teman baik mereka sejak kecil. Karena tak ada kasus baru, mereka iseng membacanya. Ceritanya begini:

 

Ketika Sersan Ken ditugaskan menulis laporan tentang pencarian terhadap Tony Smith, ia sedang menderita sakit kepala. Hal itu sangat menganggu pekerjaanya sehingga ia membuat beberapa kesalahan dalam laporannya. Ini isinya:

 

Dicari: Seorang laki-laki bernama Tony Smith, umur 22 tahun. Alamat terakhir di Mayburry 21 dengan tuduhan, turut membantu dalam kasus perampokan.

 

Ada yang melaporkan bahwa Tony Smith pada tanggal 31 April terlihat mengendarai sepeda motor di jalan Rainy. Sepeda motor tsb disandarkan pada pohon oak, tidak jauh dari sebuah mobil yang sedang diparkir di jalan itu.

 

Mobil itu adalah jenis BMW terbaru. Setelah pintu mobil berhasil dibuka, tersangka mematikan alarm mobil lalu menghidupkan mesin mobil dan meninggalkan tempat kejadian dengan mengendarai mobil tsb.

 

Pada saat kejadian, laki-laki yang diduga sebagai Tony Smith, mengenakan jaket bewarna biru. Ia memakai celana coklat muda dan sepasang sepatu olahraga putih. Namun berhubung tidak ada saksi mata, maka arah yang dituju Tony belum dapat diketahui dengan pasti.

 

Untung saja Sersan Ken memeriksa ulang laporannya, sebelum ia mengirimkan laporan itu ke atasannya. Dengan demikian ia masih sempat memperbaiki empat kesalahan yang terdapat pada laporannya.

 

** Para pembaca yang budiman. Carilah empat kesalahan itu. Ada 2500 dollar menanti anda. Siapa cepat dia, yang dapat! **

 

“Gampang sekali,” ujar John setelah membaca cerita itu dan diiyakan Belinda dengan anggukan. Mereka berdua secepatnya pergi ke redaksi News People dan menyerahkan jawaban itu. Berhubung John dan Belinda adalah orang pertama yang menebak dengan benar, maka mereka berhak atas 2500 dollar. Lumayan untuk nutupin ongkos kantor detektif mereka yang lagi sepi kasus minggu ini.

ketika lidah tak bertulang

•September 14, 2012 • Leave a Comment

(Berhubung karena banyak yang bingung dengan kantor detektif CIA, saya mengubahnya menjadi kantor detektif 2J & 2B saja. Yaitu John dan adiknya Belinda. Pacar Belinda, Jim dan teman baik mereka Bruce.)

Jam 6:00 pagi, John detektif kita sedang berlari pagi ketika ia mendengar teriakan dari sebuah rumah. John bergegas mendatangi rumah tsb.

 

“Mobilku…mobilku hilang!” seru si pemilik rumah yang berusia setengah baya itu tersendat.

 

“Tenang, pak. Coba ceritakan ciri-ciri mobil bapak, mungkin saya bisa membantu bapak mencari,” ujar John berusaha menenangkan.

 

“Mobil saya merk Toyota keluaran terbaru, berwarna perak metalik dengan nomor plat BX 1356 ZZ.”

 

“Ah”seru John kaget.”Saya baru saja melihat mobil seperti yang dideskripsikan bapak pada sebuah rumah besar bewarna ungu beberapa blok dari sini.”

 

“Rumah ungu?” Tanya si bapak. “Ini pasti lagi-lagi kerjaan si kembar Machine, Mereka tinggal di rumah itu setelah mewarisinya dari ayah mereka. Kedua-duanya suka terlibat dalam keributan, pesta sampai dini hari dan berbagai macam kegiatan buruk lainnya.”

 

“Kalau begitu ayo kita pergi kesana untuk menanyai mereka,” anjur John sambil beranjak pergi diikuti bapak itu.

 

Tujuh menit kemudian, di depan kediaman rumah Machine. Mobil si bapak masih ada disana. Tok , tok, tok. Tak ada jawaban. John mengetuk lebih keras lagi. Pintu terbuka. Seorang pemuda berkimono hijau menegur dengan masam. “Ada apa? Pagi-pagi menganggu orang.”

 

“Bapak ini kehilangan mobilnya dan sekarang mobilnya ada di halaman rumah ini. Saya adalah detektif 2J & 2B.” John memberikan kartu namanya. “Boleh tanya apa yang anda kerjakan sampai pagi ini?”

 

“Saya baru pulang dari diskotik sekitar lima belas menit yang lalu bersama dengan teman saya.”

 

“Saya mendengar anda mempunyai saudara kembar?” Tanya John.

 

“Ya, Bob Machine. Dia itu biang onar. Saya melihatnya pulang sambil mengendarai mobil di depan pukul setengah enam.” jawab Leo culas.

 

Hmm, seorang saudara yang menceritakan keburukan saudaranya sendiri bukan sikap terpuji, pikir John dalam hati. Lalu John pergi mewawancarai Bob Machine. Pemuda itu sama kurang ajarnya dengan Leo.

 

“Anda detektif?” dengus Bob. “Saya tidak suka ada orang yang berlagak pintar.”

 

John berusaha menahan kesabarannya. “Seorang bapak kehilangan mobil dan mobilnya itu ada disini. Anda tahu sesuatu mengenai mobil itu dan apa yang sedang anda kerjakan?”

 

“Saya pulang pukul setengah enam dan minum bir sambil nonton TV. Setelah itu anda datang. Bukan aku yang mengendarai mobil itu, toh aku punya mobil sendiri. Kurasa Leo yang mengambil mobil itu dan membawanya jalan-jalan.” jawab Bob sambil tersenyum licik.

 

“Terima kasih atas informasinya.” Lalu John menemui bapak itu. “Saya sudah tahu pencurinya siapa karena dia membuat kesalahan dalam obrolannya. Memang lidah tak bertulang.”

 

Bapak itu mengangguk puas. Mereka menemui salah satu di antara kembar Machine, menyodorkan bukti yang ada. Si pelaku mengaku dengan muka pucat dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya lagi. Katanya dia hanya meminjam mobil si bapak untuk jalan-jalan dan akan mengembalikannya setelah itu.